Mau menjadi sukarelawan guru?

Posted on July 27, 2008

43


Kalau kamu tinggal di Jakarta dan bersedia meluangkan waktunya untuk menjadi sukarelawan guru mungkin kamu bisa melamar pada lowongan pekerjaan relawan di bawah ini yang saya dapatkan dari blognya ndoro, monggo:

Sampean berminat menjadi tenaga sukarela sebagai pengajar? Bila ya, sampean mungkin layak menyediakan diri, mencoba peluang sebagai blogger yang peduli masalah sosial dengan menjadi guru.

Apa syarat dan ketentuannya?

Seseorang mengirimkan email ke saya. Isinya tentang lowongan menjadi relawan untuk mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS (sejarah, geografi dan ekonomi), Biologi, Fisika, Gambar, dan Olahraga.

Adapun syarat-syaratnya adalah …

1. Bukan perokok/peminum.
2. Bersedia mengajar tanpa bayaran (tidak ada honor/uang transport).
3. Bersedia mengajar 2 x 40 menit, seminggu sekali di hari kerja (Senin -Jumat) antara jam 07.00 s/d 12.00 WIB.
4. Khusus untuk guru olahraga, mengajar di hari Senin mulai pukul 10.00 s/d 14.00

Segala kebutuhan untuk mengajar seperti alat tulis, buku tulis, dan buku teks untuk panduan guru disediakan oleh sekolah.

Sekolah itu adalah SMP Gratis Ibu Pertiwi yang berdiri sejak tahun lalu. Sekolah itu menginduk ke SMPN 67 di Manggarai, Jakarta Selatan.

Sekolah tersebut tidak didanai oleh pemerintah, partai atau LSM mana pun. Selama ini biaya operasional didapatkan dari para donatur, orang-orang yang peduli — seperti sampean.

Peserta didik mereka adalah lulusan SD yang tidak diterima di SMP negeri dan tidak mampu masuk ke SMP swasta yang termurah sekalipun.

Kegiatan belajar-mengajar dilakukan di teras depan rumah. Pada tahun ajaran lalu, karena mereka baru punya satu kelas, yaitu kelas 7, kegiatan belajar berlangsung hanya di siang hari, dari pukul 13.00 – 17.00 WIB.

Untuk tahun ajaran baru ini (2008 – 2009), mereka mempunyai dua kelas, yaitu kelas 7 dan kelas 8. Dan berhubung tidak mempunyai tempat lain selain teras rumah, kegiatan belajar kelas 7 berlangsung dari pukul 07.00 – 12.00 dan kelas 8 dari pukul 13.00 – 17.30 WIB di tempat yang sama.

Pengelola sekolah itu berharap ada di antara sampean yang tertarik bergabung demi pendidikan dasar anak-anak Indonesia yang terabaikan.

Bantuan juga bisa sampean berikan dengan cara mencarikan tenaga relawan untuk sekolah itu — misalnya lewat posting di blog seperti ini. Dengan membuat posting, setidaknya sampean sudah menunjukkan kepedulian seorang blogger kepada masyarakat. Aha, blogging for society.

Kegiatan belajar-mengajar akan dimulai awal Agustus 2008. Saat ini siswa-siswa baru sedang melakukan masa perkenalan dengan lingkungan sekolah, kakak-kakak kelas dan beberapa guru.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Ade Pujiati, pengelola SMP Gratis Ibu Pertiwi, Jalan Pancoran Timur VIII no. 4B, Komplek Perdatam, Jakarta Selatan. Telepon +62-21-7990412.

About these ads
Posted in: berita