Catatan liburan

Belum nulis apa-apa sejak liburan lebaran kemarin, gak tau kenapa tapi emang gak ada mood buat nulis neh😛

Lebaran kemarin
Hari Lebaran kemarin menghabiskan waktu di Ampel, Boyolali berkumpul dengan keluarga besar. Semua keluarga yang dekat Boyolali berkumpul sampai yang dari Palembangpun kumpul, hanya 1 tante dari Jakarta yang tidak kumpul karena barusan pulang juga waktu perkawinan sepupu gw Nina 1 bulan-an yang lalu.
Enaknya di keluarga besar gw hampir semuanya berkumpul di Ampel, karena bapak dan ibu berasal dari desa yang sama. Dari simbah buyut, paklek, bulek, sepupu, keponakan semuanya ngumpul jadi satu di Ampel. Walaupun kita non muslim tapi di desa semuanya saling mengunjungi, yang muda harus mengunjungi yang tua. Waktu belum terbiasa dengan tradisi ini gw selalu ikut kelompok sepupu jadilah mengunjungi hampir 30-35 rumah selama lebaran, kaki sih kuat tapi perut hampir jebol diisi teh dan kue-kue dari puluhan rumah tadi😛
Lebaran kali ini seperti biasa gw ikut rombongan bapak aja jadi gak terlalu banyak yang dikunjungi😛 Total sekitar 15 rumah tahun ini yang dikunjungi. Gw gak inget rumah siapa aja yang dikunjungi, pokoknya sampai rumah sepupu eyang buyut yang ibunya bla bla bla (rumit dah pokoknya). Tapi senenglah masih punya tradisi mudik soalnya bisa berkumpul dengan sepupu termasuk sepupu gw yg masih balita (lala) yang cute banget😀
Lebaran kali ini Eriko juga ikut ke Ampel. Selain ajang reuni karena udah 3 tahun tidak ketemu juga untuk mengenalkan tradisi lebaran di Indonesia. Eriko ke Indonesia buat jalan-jalan sebelom dia masuk kerja tahun depan, karena di jepang kayaknya susah cari liburan buat ke indonesia kalo udah kerja plus dia masuk ke perusahaan yang berhubungan dengan consulting yang kayaknya gak kenal hari libur.

Ketep Pass
Sama sepupu kemarin sempet ke Ketep Pass, salah satu obyek wisata di Kota Magelang. Seharusnya kita bisa melihat panorama gunung merapi, merbabu, sumbing, sindoro dan slamet dari Ketep Pass tapi sial karena mendung jadi hanya foto-foto dan makan-makan aja sambil menikmati udara segar Ketep Pass.

Candi Gedong Songo
Kali ini menemani Eriko ke Candi Gedong Songo. Dalam 1 bulan ini ke Gedong SOngo 2 kali jadi lumayan buat dijadikan latihan buat gerakin badan.Kenapa lumayan buat latihan, karena tanjakannya yang lumayan tinggi dan kita harus mengelilingi bukit kecil untuk melihat ke 5 candi yang masih ada. Kalo kata penduduk setempat kita berjalan sekitar 4 kilometer untuk 1 kali keliling. Sebenernya ada juga persewaan kuda tapi kayaknya gak afdol juga kalo ke Gedong Songo tapi gak capek soalnya udaranya lumayan bersih dan sejuk.
Kalo mau tahu detil tentang candi Gedong Songo bisa kunjungi blognya Zam

Goa Kreo
Goa Kreo merupakan salah satu obyek wisata di Kota Semarang. Obyek wisata alam Goa Kreo terletak di Dukuh Talun Kacang, Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati + 13 km dari Tugumuda ke arah Selatan. Memakan waktu sekitar 30 menit bila menggunakan sepeda motor. Pemandangan Sawah disekitar Goa Kreo ini terdapat hamparan sawah yang luas, tebing-tebing curam penuh pepohonan.
Buat mencapai mulut goa harus menuruni anak tangga lumayan banyak yang kalo kembali ke areal parkir bisa jadi latihan buat kaki karena naiknya juga lumayan banyak. Jalan-jalan dengan Eriko rupanya memang jadi jalan-jalan ala latihan fisik kaki karena pegelnya lumayan juga😛
Menurut legenda, Goa Kreo merupakan petilasan Kanjeng Sunan Kalijaga. Ketika mencari kayu Jati untuk membangun masjid Demak, Beliau singgah di Goa ini.
Kera-kera yang ada disekitar Goa Kreo alkisah merupakan keturunan dari empat kera yang membantu beliau (Sunan Kalijaga ). Saat ini jumlah kera di Goa Kreo mencapai kurang lebih 300 ekor.
Disebelah utara Goa Kreo juga terdapat air terjun kecil yang berasal dari berbagai sumber mata air . Untuk sampai di air terjun ini kita juga harus melalui anak tangga yang sedikit curam.

yak, itulah sepenggal catatan liburan saya kemarin. Have a nice weekend everyone!!

PS: hunting kuliner lagi dengan loenpia sore ini, alamat kenyang (kenyang foto😛 )

6 thoughts on “Catatan liburan

  1. Goa Kreo?? hm..

    eh, sayangnya aku ke Gedong Songo ndak bareng sma gadis yang ada di foto ini.. *teringat perjalanan tolol*

    jalan berdua bikin semangat😛

  2. waktu aku naik bukit dari limut dan turun di gedong songo tempatnya lumayan keren lah… namanya juga kurang diperhatikan Pemerintah jadi yach lumayan keren………….
    tapi lebih keren lagi kita lihat gedong songo dari atas sebelum pendakian kami turun ke bawah keren banget kalau ga’ percaya coba aja sendiri…………………

  3. wah jadi ingat acara kumpul2 keluarga besar waktu simbah dari ibu saya masih sugeng (masih hidup), dan sebelum simbah kakung dari bapak belum sakit. dulu tiap lebaran (wlpn kami non muslim), kami sekelurga ke kayuwangi dulu di salatiga, trus ke jogja. istilahnya “badhan”. yang saya ingat cuma makan2 dan keliling kampung yang di gunung gitu. asyik!🙂

  4. mas didut keluarganya rame ya hehe
    kalo mau ke gunungpati dan butuh pemandu wisata? calling aja slam hehehee
    tak gendong kemana mana,
    ah wegah ah abot ik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s