Sushi

Review kuliner-Tadi malam ber-kopdar kuliner dengan Budi, Yudi dan Ari. Janjian jam 6 sore di Nori The Japanese Kitchen Lounge , ternyata mulai jam setengah 6 hujan turun dengan lebat. Tadinya mau dibatalkan tapi dengan semangat 45 akhirnya jadi juga ketemuan di Nori dengan diiringi hujan rintik-rintik dari rumah. Dipasin ke Nori pas tanggal muda deket gajian jadi gak usah mikir buat makan sushi😛 , emang rencananya mo ngabisin menu sushi yang ada di Nori secara bertahap hehehe~ Datang pertamakali karena Nori ini karena cuma 10 menit dari rumah, dimulai dengan 1 cangkir Cappucino karena sewaktu dijalan lumayan dingin dan malas juga pake jaket.

Di Indonesia mungkin sushi sudah terkenal banyak yang tahu tapi mungkin belom banyak juga yang merasakan, sepengetahuan orang umum mungkin sushi makanan jepang yang terbuat dari daging mentah. Sushi dibuat dari nasi dan dibentuk bersama lauk yang biasanya berupa makanan laut, berbeda dengan sashimi yang hanya terdiri dari makanan laut atau daging segar yang disajikan mentah-mentah. Nasi yang dibuat untuk sushi biasanya mempunyai cita rasa yang lain karena sudah dibumbui dengan campuran cuka beras, garam dan gula.

(korban tadi malam)

Di Nori sendiri sebenarnya tipe sushi yang ada dimenu sudah lumayan lengkap karena ada Nigiri-sushi, Maki-sushi dan Temaki-sushi. Nigiri-sushi adalah bentuk yang paling umum dari sushi, dengan potongan lauk yang dipilih diatas gumpalan nasi yang sudah dibentuk dan biasanya diisi dengan sedikit wasabi diantara nasi dan lauk. Kalau Maki-sushi dibentuk dengan bantuan gulungan bambu. Lapisan paling luarnya adalah lapisan hijau terbuat dari rumput laut (biasanya disebut nori) dan nasi beserta isi digulung dan dibentuk dengan gulungan bambu. Sushi jenis ini biasanya dipotong menjadi 6 – 8 potong. Untuk Temaki-sushi adalah jenis sushi yang isinya langsung dibungkus oleh 1 lapisan nori yang besar dan bentuknya seperti de-crepes (yang ukurannya kecil) dengan lapisan terluarnya nori.

Tadi malam memesan Ebi Nigiri (nigirisushi dengan isi udang) dan untuk makisushinya saya memesan chicken teriyaki roll. Untuk jenis makisushi di Nori diberi nama fushion sushi untuk menyesuaikan dengan lidah orang indonesia, karena dagingnya sudah dimasak.
Untuk chicken teriyaki roll berisi daging ayam, kepiting dan ketimun. Karena Ari juga memesan nigirisushi (salmon nigiri) jadinya kita bertukeran sushi biar tambah lengkap.
Cara makan sushi,sushi dicelupkan ke kecap shoyu (kecap jepang) sebelum dimakan untuk mengurangi rasa mentahnya. Untuk wasabi bisa dicampur dengan kecapnya atau dioleskan di permukaan sushinya. Kalau untuk saya lebih suka dioleskan dipermukaan sushinya dan memang menyengat ke hidung (tapi tidak pedas seperti sambal) tetapi itu menambah sensasi ketika menyantap sushi tetapi memang rasanya agak aneh kalau untuk orang yangbelum terbiasa.

Iseng-iseng kayaknya wasabi cocok dimakan untuk orang yang sedang tersumbat hidungnya, makan wasabi dijamin hidungnya akan terbuka salurannya (warning: ini cuma tips yangbelum pernah dibuktikan kesahihannya).Dan hari minggu ini kopdar loenpia kayaknya makan-makan lagi, kayaknya bulan ini kopdar loenpia selalu makan-makan. Pokoknya ikut kopdar perut modar😛

23 thoughts on “Sushi

  1. Pertanyaan : Billingnya abis brapa mas?

    *lha po warnet?*

    hmm…1/3 dr yg ‘waktu itu’ kayaknya😛 .. lah budi aja 3 menu, ari 2 menu, aku 3 menu cuman yudi yg 1 kekekke~

  2. ih..entek piro mas?aq di Shabu House aja 2org abis 450rb *masih terpana melihat bill kemaren*

    wakakakkkk…ya msh mending Nori lah😀 … yuk stey kapan2x ke Nori😛

  3. gang gang sulai kamsudnya fan… ayoooo.. kita makannya paket yang all u can eat.. mpe kembung juga bayarnya cuman segitu .. hehehe.. *ga mau rugi*

    sy jug suka kok yg all u can eat *lirik parkview*

  4. 🙂 hai.. makasiy udah mampir ke emperan sayah🙂

    aku suka makanan jepang cuma masiy rada mikir kalo udah pake kuah, araknya ituu lho🙂 tapi kalo nori thok dibungkus nasi panas siy… ya mau lah ;))

    terima kasih kembali😀 … memang sebaiknya dikonfirmasi dulu halalnya

  5. Mas Didut, kok akunku di Loenpia.net gak naik-naik pangkat. Naikin, donk!

    emang saya tukang naikin pangkat?!? .. aktif dulu di milis baru minta naik pangkat😀

  6. ndak doyan panganan jepang :p

    ilat jowo, cak..

    daripada sushi, mending wingko babat
    wasabi rasanya aneh.. kalo dibumbu pecel enak gak ya? :Dac

    dibumbu pecel enak aja asal tahan rasanya di idung😛

  7. uhmmm… aku sendiri kok sampe skrg blum berani ya makan masakan Jepang?😦
    agak geli2 gimanaaaa… gitu ngeliatnya!😀
    entahlah… mungkin cuma perasaanku aja…😛

    cuman perasaan pasti cuman perasaan😛 …. yuk kapan-kapan barengan makan sushi

  8. enak mana sama sushi tei?

    waduh belon pernah ke sushi tei .. tp kalo ngeliat harga yg di semarang msh menang kayaknya..di sushi tei brp?!?

  9. udah lama sih ga ke sushi tei, pas masih awam dengan sushi

    waktu itu harga bervariasi.
    ada yg dihitung per piring. harga dibedakan dari warna piring sushi nya. mulai rp 5.000 untuk rolls yg biasa kayak kanpyou maki, kani maki,
    terus california maki kalo gak salah rp 12.000
    untuk fusion kayak dragon dll itu lebih dari 50ribu deh kao ga salah

    ga tau ya harga sekarang
    kemaren gw liat reviewnya di sini terus kayaknya enak bgt. jadi pengen lagi, heee😀

  10. Sushinya Kobe (di Bukit Sari) jauh lebih enak dari pada sushinya Nori. Apa lagi Sushi Groove jauh lebih enak dari sushi yang ada di semarang.
    Tapi kemarin baru ja liat resto sushi baru di jln. Sisingamangaraja, ada yang pernah nyobain belum…?

  11. semua restoran jepang yg pernah gw datangi di semarang. yg paling enak itu sushi nya nori. pernah coba blom? itu lho yang ada dperempatan graha candi golf. wuiihh… enak bener. kemaren gw makan cuma abis 200an 5 org qt makanya banyak ampe kenyang. soalnya nori kan lagi aada disc 50% pake kartu kredit BCA. katanya disc 50% itu sampai tanggal 8 november 2008 lho. kl ada yang pergi. aku di traktir ya? hehehe kan i uda refrensiin tempat yang enak

  12. irrasaimase !!!
    terimakasih atas masukan yang membangun restoran kami. kami akan tetap mempertahankan cita rasa, pelayanan, serta terus kreatif dalam mengembangkan usaha kami.karena keinginan kami adalah memuaskan lidah pecinta masakan jepang di indonesia. Arigatooo gozaimasu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s