Kuliner Aceh

Review kuliner-Gara-gara Zam menulis tentang martabak terbalik jadi teringat warung aceh di daerah tembalang dekat rumah. Dan hasrat untuk mencoba makanan aceh menjadi lebih berkobar ketika nining mengajak buat mencoba mie aceh.

Akhirnya ditetapkan untuk mencoba warung makanan aceh yang ada di tembalang. Ternyata lumayan banyak yang tertarik untuk mencoba kopdar kuliner kali ini. Berangkat bareng Budi & Munif yang menghampiri ke rumah.


Sebagai pembukaan sembari menunggu Nining, saya sok mencoba teh tarek. Tetapi ternyata saya tidak se-ekstrim para hobby makan yang suka mencoba melewati batas kemampuan lidah atau perutnya. Menyerah untuk menghabiskan teh tarek setelah beberapa kali hirup. Pada dasarnya saya memang tidak suka susu, jadi mencampur teh dengan susu bukan ide yang baik untuk saya. Untunglah ada si boku baka yang sanggup untuk mengembat teh tarek tersebut sampe tandas.

Untuk yang tidak suka menunggu, direkomendasikan untuk tidak memesan di warung aceh yang ada di tembalang ini. Nasi goreng pesanan saya baru datang ketika Jhiban & Hars tiba dari perjalanan dari Kendal. Padahal waktu saya memesan nasi goreng tersebut, mereka berdua masih ada di Kendal.


Tidak tahan dengan perut yang sudah meronta, jadi ingat untuk mencoba martabak aceh yang sudah diulas detil oleh Zam.

Untuk rasanya saya setuju dengan Zam kalau memang rasanya tidak setajam martabak biasa, bahkan ekstrimnya lagi martabak ini hanya serasa telur dadar yang agak tebal sedikit.


Satu persatu pesanan mulai keluar.Dari mie kuah seafood yang gumpalan cuminya sangat mengundang selera sampai mie kuah biasa yang warna merahnya sangat menantang untuk daya tahan pencernaan kita.


Nasi goreng seafood pesanan saya ternyata tidak mengecewakan karena rasanya yang sangat gurih.


O ya, satu lagi yang unik dalam penyajian masakan dari aceh adalah tambahan ketimun, bawang merah dan kerupuk. Jangan mengharapkan tambahan saus atau sambal di warung ini karena kamu tidak akan menemukannya. Kalo hobby makanan pedas, pesan saja langsung extra pedas biar mak jrut. Sebenarnya agak mengecewakan kopdar kali ini karena kehabisan kari kambing atau bebek.

Warung ini bisa ditemukan sekitar 500 meter dari arah patung diponegoro tembalang, tepat setelah bengkel resmi honda yang berada di daerah tersebut.

Ngomong-ngomong ada rekomendasi tempat makanan aceh yang mak nyus gak yah di semarang?

Peserta kopdar kuliner aceh: Budi, Munif, Arie W, Nining, Jhiban, Hars

29 thoughts on “Kuliner Aceh

  1. Waaa… sayang aku ga bisa ikutan yaa …

    secara hari itu ada panggilan musti balek ke kampung neh … ada temen yg punya hajatan …

    kapan ni mo diulang lagi neh ????

    minggu ini?๐Ÿ˜›

  2. wow wow wow,,yummy,,dari gambare aja dah bikin perut goyang,,bukan,bukan karena ngikutin goyangannya Julia Perez,,tapi krn liat pic2 hidangan tak berdosa itu. ooh

  3. Tulis dan pulblikasikan semua kekayaan kuliner asli Indonesia, agar menjadi bukti nyata bahwa bangsa Indonesialah pemilik keragaman kuliner dan budaya… *berapi-api, denger Reog Ponorogo diakui sbg budaya negara tetangga!*

    sep mas cor๐Ÿ˜€

  4. hohoho..

    iya, pas saya minta saus, tu penjual juga heran.. ndak biasa kali, ya.. wakakaka

    teh tarik? teh campur susu itu ya? itu sih di angkringan sering.. saya paling seneng itu.. rasanya mantab..

    udah nyobain jus timun? timun yg diserut kemudian dicampur air gula.. mampu menetralisir rasa pedas..๐Ÿ˜€

    saya paling suka kalo tu martabak dicocol ke kuah kari kambing yang galak pedasnya itu.. mak jrot bener di kerongkongan.. :))

    mantab apanya?!? lidah saya teriak2x nrima teh rasa susu (atau susu rasa teh?)

  5. enyakk,..enyakkk…dari potonya dah menggugah,..
    share dikit ahh..
    dulu pas di Bgr pernah nyobain mie aceh, isinya lebih banyak ayam suwir+jamur pentil daripada mienya,.. pedesnya bikin mampus๐Ÿ˜€ saya yg doyan pedes malah angkat tangan sama masakan aceh,.. mendingan masakan padang hehehe…

  6. sebel deh sama kopdar kuliner sekarang,
    mesti kok di daerah atas…. bagaimana nasibku yg rumahnya di bawaaahh ujung???
    masih mending kalo ada yg mau njemput, biasanya gak ada yg mau >_<

    huh tidak adil!!!!!

    hahaha~ ya udah ada usulan buat kopdar di daerah bawah gak? aku tunggu loh๐Ÿ˜€

  7. wekz…
    aku aja yg org sumatra blum pernah ngerasain tuh masakan aceh!๐Ÿ˜›
    aku aja yg org padang 100% ga suka masakan pedas…๐Ÿ˜›
    ck ck ck… salut kalo mas adi bisa suka! hqhqhq… xD
    eh, btw.. kapan neh kita KOPDAR???
    pengen bgt ketemu ama mas adi! sekalian bawain makanan2 yg enak2 dr sana itu ya! xP
    *selama ini kan cuma dapet ceritanya doank!*๐Ÿ˜›

    yg bener nih?!? .. abis sistah-mu kl diajak kopdar-an pasti sibuk melulu๐Ÿ˜€

  8. tidak adil…tidak adil ..udah mesen martabak duluan sebelum aku dateng :(…
    rasa pedes mie acehnya bikin mata merem melek…berteteskan air mata :))… ditambah lagee minuman penutup minum air soda…. tambah..mantabs rasanya diperut … :)) !!!

  9. soal harga gimana? kira2 buat kocek mhsiswa kos2an yg sering luntang-lantung ky saya cukup ga buat bli seporsi sego goreng yg sampeyan pesen?

    cukup lah๐Ÿ˜€

  10. nonton gambare bikin ngeces… kalo soal mie dan martabak insya allah kalo belum sampai muntah pasti tak lahap…. ada Info mie Aceh di jogja di mana ya? Dadi penasaran….

  11. bener lah mas… masa aku bohong? :((
    soalnya penasaran ama 6 packs-mu itu! =))
    Oooops…๐Ÿ˜

    BTW ukuran celana saya sudah mengecil 1 nomor (hrs lebih kenceng nih kulinernya๐Ÿ˜› ) ..sep, tunggu tgl mainnya

  12. wooo….jadi blog kuliner? nyaingin si zam?

    zaaaammm….ini lho ada yg ngambil jatahmuuuuu….:D

    kekeke~ kalo mo nyaingin zam hrs lbh serius, bentar lagi keluar produknya๐Ÿ˜›

Leave a Reply

