Aceh-Jepang-Jakarta

Bukan kaki saya yang jalan-jalan kesana tapi ini catatan perjalanan isi perut saya seminggu ini.

Setelah hari sabtu lalu ber-kopdar ria dengan loenpia ke warung aceh, hari selasa kemarin Mayuko saya bajak ke Nori karena dia gak percaya kalo rasanya mirip sama yang aslinya.

Sempat bingung mau makan apa di Nori karena saking banyaknya menu yang tersedia akhirnya kita memesan steam gyoza dan fushion sushi.Kebanyakan menu fushion sushi adalah sushi yang sudah dimasak tetapi saya kali ini memilih fushion sushi yang menggunakan daging ikan salmon segar.

Kali ini saya embat honey roll. Honey roll berisi ketimun, telur, rumput laut tentu saja dan diatasnya dihiasi dengan sepotong daging ikan salmon yang segar yang diisi juga dengan madu. Karena sedang flu maka saya banyakin wasabinya dan benar saya, wasabi membuat kepala saya nyut-nyut-an dan langsung bereaksi ke hidung. Segar di hidung, dilidah dan juga di kantong karena Mayuko yang traktir hari ini hihihi~

Lalu kemarin siang saya kabur dari kantor pas jam makan siang cuman buat rela-relain makan ketoprak yang direkomendasikan mas Cordiaz. Saya lupa kenapa saya pengen banget makan ketoprak tapi seingat saya setelah blogwalking dan baca tentang ketoprak saya pengen banget makan ketoprak. Terakhir makan ketoprak itu sudah 2 tahun yang lalu di warung ketoprak depan SMU 6 Jakarta, Blok M nungguin bisa Damri ke bandara.


Ketoprak kemarin pas banget bumbunya. Mirip deh sama yang di Jakarta. Untuk yang gak tau ketoprak, ketoprak itu isi dasarnya ketupat lalu di tumplek dengan tahu yang biasanya digoreng waktu dipesan, bihun dan tauge. Paling atas bertaburan kerupuk sebagai toppingnya.

Bumbunya dengan saus kacang. Agak berbeda dengan saus kacang pada gado-gado, saus kacang pada ketoprak agak lebih cair. Maknyus-lah pokoknya.

Terimakasih buat mas cordiaz buat rekomendasi ketopraknya. Lokasi warung ketoprak ini di pertigaan dekat lapangan parkir fakultas hukum Undip. Disitu ada 3 warung keliling: ketoprak, siomay dan soto surabaya, jadi pasti mudah untuk ditemukan dan cukup dengan 3500 perak saja buat sepiring ketoprak yang maknyus itu.

24 thoughts on “Aceh-Jepang-Jakarta

  1. mas didut, rumah makan NORI ‘kan menyimpan ‘cerita khusus’ bagi anak2 loenpia..
    kok gak diekspos😛

    kekeke~ sy ekspos sushinya aja .. kalo yg ‘seru2x’ gitu bagian eskopret *tunjukescoret.net*

  2. wah, ternyata harga ketoprak di mana2 sama, ya?😀
    murah meriah dan yg penting mak nyus…
    btw, mas adi pengen ngalahin Pak Bondan, ya?
    eh… katanya Pak Bondan udh mau pensiun, loh!
    Mas Adi mau gantiin?😛

    kalo ada yg ngusul-in sini aku gantiin *rela buat jalan-jalan+makan-makan gratis*

  3. ketoprak, sekilas mirip sama kupat tahu ya? temtunya dengan sedikit “light”..

    cuma ketupat, toge, dan tahu? sepertinya layak coba ini..

    hohoh.. saya belom pernah nyoba tahu gimbal lo.. *buta soal kuliner semarang*

    soal makanan Jepang, saya juga buta sama sekali.. menurut saya, yg nyobain beberapa makanan jepang, makanan jepang itu sering nipu.. tampilannya oke, rasanya ambyar.. wakakaak…

    kalo kupat tahu saya gak suka karena rasanya yg kayak kecap😛 , asli ketoprak rasanya beda banget ama kupat tahu. Ayo zam kapan mo ke semarang, saya temani (tp gak bayarin) ke tahu gimbal dengan mkn jepang dan percaya deh kalo tampilan tidak menipu rasa😛

  4. puihhh!!!! bisanya cuman cerita sama ngobral skrinsutnya doang!!! mana makanannyaaaaa….? Lain kali ajak inyong, dong… soal-e inyong cuman tauknya makanan jepang itu namanya H**A H**A B***O doang!

    *lirik milis loenpia* itu kopdar kuliner segejibun, minggu ini aja ada lagi, gabung loenpia?!?!??? keke~

  5. kalo Ketopraknya sih bole lahhh,
    tp saya ini memang ndak suka masakan Jepang, lebih tepatnya ndak familiar karena ndak bisa makan pake sumpit. hihiiii😛
    mas Adi mau mengajarkan barangkali?😀

    kopdar-an di JKT barangkali atau mau ke SMG??😀

Leave a Reply

