Karimunjawa

Sebenarnya ini postingan lama saya di akun blog sebelumnya, tapi kayaknya bagus juga buat dipasang disini, sapa tau ada yang belon baca ini.

Postingan terdahulu gak bisa di transfer ke wp, jadi mungkin nanti beberapa postingan menarik saya taruh disini.

O iya, ditaruh sini terinspirasi hasil jalan-jalan beberapa tukang loenpia ke karimunjawa hari sabtu kemarin.

[travelogue] KARIMUNJAWA

Sudah beberapa kali ke Karimunjawa tapi belum pernah nulis. Mungkin masih banyak orang yang mikir kalo mau ke Karimunjawa itu itu ribet padahal sih gak sama sekali, tapi memang kekurangannya masih belom ada travel agen yang punya program buat ke Karimunjawa jadi buat yang mau ke Karimunjawa kudu punya usaha dikit, tp bisa gw garansi kalo perjalanannya bakal worthy banget.

Buat posting-an kali ini gw pilih buat tipe perjalanan yang simple dulu, bisa aja sih kalo mau yang pake feri dari Jepara kalo yang mau lebih murah tp posting-an yg ini mau cerita pake kapal cepat dulu🙂

Berangkat
Seperti yang gw bilang diatas, belom ada travel agen yang punya paket ke Karimunjawa untuk perjalanan privat, kalo grup bisa kali yah. Oktober kemarin kita pake Kapal cepat Kartini dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Tiket kapal cepat bisa didapet di Dinas Perhubungan Propinsi yang ada di Jalan Pamularsih, bisa dibooking dulu jadi gak usah khawatir kalo gak dapet info soal tiket. Kapal cepat ke Karimunjawa dari Semarang cuma tersedia hari Sabtu dan hari Rabu. Berangkat jam 9 pagi dengan perjalanan sekita 3,5 jam.

Buat yang gampang mabuk laut bisa duduk di dek belakang, biasanya juga penuh soalnya kalo ombaknya lagi besar orang gampang banget kena mabuk laut. Fasilitas tempat duduk kapal cepat bagus, dan biasanya ada musik dan film sepanjang perjalanan walaupun kalo gak duduk didepan filmnya gak bisa kedengeran.

Tiket kapal cepat bisa didapatkan dengan harga Rp. 110.000, sedikit mahal memang tp memang fasilitasnya sepadan dan bisa langsung ke Karimunjawa dengan cepat. Perjalanan kali ini disetting 3 hari 4 malam, dari hari sabtu sampai hari selasa.

Akomodasi dan transportasi
Buat tempat menginap di Karimunjawa, gak ada masalah karena banyak penduduk setempat yang menyediakan homestay.

Gw biasanya nginep di Homestay HAMFAH kepunyaan Pak Arif, kelebihan homestay ini selain memang homestay yang pertama disitu (menurut cerita yang punya) juga Pak Arif bisa mengatur semua perjalanan kita termasuk buat snorkeling atau diving karena beliau juga instruktur diving yang berlisensi, tarif homestay Rp.80.000/malam termasuk 3 kali makan.

Hari pertama kita habisin buat liat-liat sekitar Karimunjawa dengan mobil. Tips lagi kalo mau ke Karimunjawa, melaporkan perjalanan kita ke Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTNK) di Jl. Pahlawan buat bikin surat SIMAKSI (bayar 5.000-an kalo gak salah). Bikin surat permohonan aja terus daftar kesana, sehari jadi. Dengan surat SIMAKSI kita bisa minta tolong buat pake mobil Ranger (polisi hutan) disana dan didampingi ranger-nya sekalian sebagai guide, mobilnya nyaman dan kita cuma mengganti ongkos bensin dan uang rokok. Kalo pake mobil orang lokal juga bisa tapi biasanya mobil pick up yang bisa buat pantat kita nyut-nyutan soalnya jalan di Karimunjawa berbatu-batu dan harganya cukup mahal menurut gw soalnya guide lokalnya kurang bisa menjelaskan keanekaragaman hayati yang ada di sana.
homestay pemandangan

Diving/snorkeling
Hari ke dua kita habisin buat ke laut. Ada 27 pulau di Kepulauan Karimunjawa. Guide di Karimunjawa biasanya sudah punya beberapa titik yang bisa buat snorkeling. Kemarin kita sempat snorkeling di Kemujan kecil dan besar juga mampir di Pulau Cemara (kalo gak salah). Asli airnya bersih banget dan masih sangat alami jadi kita bisa melihat terumbu karang dengan jelas.

Biasanya acara ke laut selesai jam 3-an dan bisa nambah berenang dengan hiu kalo mau. Jadi ada orang yang menangkar ikan hiu dan dengan membayar 10.000 – 20.000-an kita bisa berenang dengan hiu (dgn guide tentunya). Biaya sewa perahu Rp.300.000 (sampai 10 orang),biaya sewa alat snorkeling Rp.35.000 dan biaya guide snorkeling Rp.75.000 (sampai 5 orang kalo gak salah).
hiu snorkeling cemara

Tracking
Hari ketiga kita tracking ke Desa Legon Lele. Desa ini sebetulnya sudah mati karena sudah ada orang yang membeli tanah mereka (buat investasi katanya), tapi masih ada sekitar 10 keluarga yang tinggal di desa ini.

Jalur tracking bisa disetting berat atau ringan tergantung permintaan pengunjung, ranger dari BTNK pastinya sudah hafal luar kepala buat jalurnya. Kalo yang suka nge-camp, ada fasilitas camping ground di Legon Lele.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan sembari tracking adalah bird watching, dengan fasilitas dari ranger kita bisa dipandu buat melakukan aktivitas bird watching, buat pemula kayaknya kegiatan ini salah satu kegiatan favorit buat melupakan pegalnya kaki.

Kalo perjalanan yang ringan biasanya 3 jam juga sudah selesai, itu juga kalo istirahatnya gak banyak, kalo mau lebih jauh bisa ke puncak salah satu bukit dan melihat Karimunjawa dari atas bukit.

Sunrise/sunset
Ini merupakan sajian istimewa dari Karimunjawa, kita bisa melihat indahnya sunset setiap hari. Untk sunrise-nya perlu usaha keras dan keberuntungan, selain harus jalan dulu 30 menit-an, belom tentu pula bisa ngeliat sunrise karena berawan. Kata Pak Arif sih tim dr TV 7 aja ndekem 5 hari cuman dapet 1 ataw 2 kali gitu sunrisenya.
sunset

Perjalanan Pulang
Jadwal kapal cepat sedikit ribet buat yang ke Jepara. Buat yang hari selasa cuma tersedia minggu II dan IV setiap bulannya, kecuali kamu mau tinggal lebih lama sampai hari Kamis. Kalo kapal feri sih setiap minggu ada tapi dengan perjalanan yang sedikit lama (6 jam-an).

Sampai di pelabuhan Jepara kita dijemput mobil travel yang bisa bawa kita langsung kembali ke Semarang. Kelebihan mobil travel ini ya bisa jemput kita di pelabuhan terus nganter langsung ke Semarang. Kalo rombongan biasanya dia mau nganter ke tempat yang kita mau.

Tanpa bermaksud promosi ini kontak-kontaknya buat yang mau ke Karimunjawa:
Homestay Hamfah 097-312125
BTNK 024-8319709
Dinas Perhubungan 024-7602952
Putra Mandiri (shuttle car dr dan ke Jepara) 0291-3330733

39 thoughts on “Karimunjawa

  1. ceritanya persis temen saya juga …
    enak nih kalo biro-dinas-guide wisata alamnya udah teratur gini, turis jadinya merasa aman terlayani🙂

    Cmn kata temen saya, Karimunjawa itu enaknya buat group, bukan wisata kontemplasi sendirian😀

  2. wah…berenang dgn hiu..ituh anak2nya..emak hiunya dikemanain??hiii syeremm..kalo dateng emaknya gimana???

    tp pemandangannya masih top banget yah…airnya juga masih jernih sangat gitu

    itu di kolam kok, emaknya gak ade😛

  3. lah ini… liburannya lebih heboh dr pd liburanku!😀
    eh, itu serem yak berenang ama hiu?
    pernah liat sih yg spt itu di film Into The Blue.
    tp ga nyangka yg spt itu jg ada di Indonesia…😐
    so, liburannya jd total ngeluarin brp duit, mas?😀

    baca postingan dr atas donk jum..itu postingan taon 2006 tuh

  4. lah, saya ga buka yg aslinya. kirain postingan msh blum terlalu lama. soalnya mas didut kan kadang msh suka posting di blog lama jg. *gimana? ok ga aku ngelesnya? hihihi… :P*

  5. karimunjawa itu sebelah mananya jawa? apa ada hubungannya ama mobil karimun?

    kalau dgn mobilnya aku gak tau😛 .. tp kalau dr jawa itu sebelah utaranya pulau jawa, bisa brkt dr semarang atau jepara

  6. keren banget… kalau dari bangsari cilacap rutenya gimana yak?

    kalau dr cilacap ya ke semarang dulu..bisa dari semarang atau jepara naik feri, tapi tetap lewat semarang dulu😀

  7. mannttteeebbb…
    pemandangannya masih ijo… *jadi ngiler/napsu/mauuu..*

    berenang sama hiu? weuiihh… pasti seru tuh…

    manteb tenan jeng..😀

    *baca kalimat terakhir* jeng?!? jengkat-jengkit?!??

  8. gw dah pernah kesana…and gw pengennnnnn buanget ke sana lg…tp blom sempet jln2 ke hutan2nya….kliatana asik bgt tuh, patut dicoba!!!
    btw thanks bt no telp2 itu yah…

    gw bakal balik lg…!

  9. karimun jawa, i love youuuu!

    hmm.. kira2 kalo krj d karimun jawa gitu, as a guide, menjanjikan ga yaa?

    sayang banget tu karimun jawa blm dikelola scr profesional,
    klo diseriusin, pasti banyak turis yg ksono..

  10. wah senang dengan laut juga yah. saya juga pernah nyelam disana sih..bener baget, mungkin karimunjawa perlu sentuhan seni biar tambah maknyus..
    btw, kalo seneng diskusi tentang laut, terumbu karang dan pelestariannya, boleh dong ikutan nulis di goblue.or.id
    site ini untuk kampanyein dukungan terhadap pelestarian lingkungan, khusunya lau,..
    salam kenal dan terima kasih

    salam go blue

  11. Taman Nasional Karimunjawa memang memiliki pemandangan yang sangat indah dan amat layak untuk dikunjungi. Sayangnya, sama halnya dengan TN. Ujungkulon, Karimunjawa letaknya sangat terisolir sehingga berwisata ke sana memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tapi saya punya tips buat anda yang mau berwisata ke Karimunjawa dengan biaya murah meriah.
    Tips pertama: ajak sahabat2 anda sebanyak 10-20 orang untuk berwisata bersama anda
    Kedua: Bila teman2 anda terlalu sedikit yang berminat, bergabunglah dengan group komunitas back packer pengguna Facebook, lalu usulkan pada admin group untuk membuat event wisata ke Karimunjawa.
    Oya, tidak benar bila dikatakan tak ada tour operator yang menyelenggarakan paket wisata ke Karimunjawa. Nyatanya cukup banyak tour travel lokal dari Jepara yang menjual paket tsb. Ketik saja “paket wisata karimunjawa” di Google, hasilnya bisa kamu lihat sendiri. Itu saja info dari saya dan terimakasih saya ucapkan untuk yang punya blog atas dimuatnya komentar ini. Keep writing and warm greeting from me.

  12. dsana bisa sewa mobil gitu ga?? klo ada harga sewanya berapa biasanya???
    truss angkutan dsana adanya apa aja bwt keliling pulau nya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s