Cina melarang tas plastik

water-bottle-tip-med1.jpgNegara cina tidak pernah diperhitungkan sebagai sebuah role model dalam kebijakan yang berhubungan dengan lingkungan. Dengan populasi sebanyak 1,3 milyar, cina menjadi salah satu negara penyumbang emisi terbesar.

Tetapi kelihatannya hal ini akan segera berubah.

Tertanggal 7 Januari 2008, pemerintah Cina mengeluarkan kebijakan untuk melarang penggunaan kantong plastik di seluruh wilayah negaranya. Mereka meminta semua toko dari yang besar sampai yang kecil untuk tidak menggunakan plastik pertanggal 1 Juni 2008.

Berdasarkan Daily Mail, cina menggunakan plastik lebih dari negara manapun di dunia. Cina menghabiskan sekitar 37 juta barel minyak mentah untuk memproduksi plastik setiap tahunnya. Kebijakan nasional ini tentu saja akan membantu image cina mendekati olimpiade musim panas tahun ini.

Hmm…Indonesia kapan yak?!?!?

Berita disadur dari daily green dan gambar diambil juga dari daily green

18 thoughts on “Cina melarang tas plastik

  1. iya nih, indonesia kapan ya? memang di beberapa mall banyak yang sudah mengganti jadi tas yg gampang di daur ulang. tapi masih sedikiittt…

    pemerintah juga boro2 memperhatikan ini, menurut mereka pasti ada yg lebih penting dari ini… >_>

  2. plastik kresek yang nampilin logo toko hobby japan shop saya demen! tapi demi lingkungan, saya dukung supaya kemasan jangan pake plastik kresek, tapi pake daun pisang!

  3. Sbenernya klo Indonesia mau kayak gitu jg ga perlu nungguin pemerentah ngeluarin kebijakan dulu kan. Males ah nyalahin pemerentah mulu tapi gw-nya sendiri ga ada usaha๐Ÿ˜› Dimulai dari Anda dunk (djielah apa si gw hehe) dimulai dari Didut kayak di postingan dia kemaren hehe

  4. menurutku si sebaiknya bukan melarang ya, membatasi mungkin iya.
    jadi harus ada peraturan yang ketat soal penggunaan plastik, sampah plastik harus didaur ulang menjadi yang bermanfaat…

    disana kalo aturannya tidak ketat bukan negara cina kali yah๐Ÿ˜€ … tp kalo buat lingkungan sih semakin ekstrim ya bagus juga๐Ÿ˜›

  5. Sy 4mgg lalu belanja salah 1 depstore di MKG1. Lupa namanya.
    Tp dia kasih plastik dgn tulisan, “bawa saya selalu utk mengurangi penggunaan plastik..” sumthin gt lah… lupa.
    Kayaknya sdh mulai digalakkan deh di Jkt ini, tp emg belom semua…

  6. harusnya posting ini ditembuskan ke yang mulia bapak presiden indonesia Kang. Sudah dicoba? Kalo mental dikasih ke calon gubernur jawa tengah saja dulu biar buat bahan kampanye๐Ÿ˜€

    kmrn udah disampaikan ke walikota langsung sih๐Ÿ˜›

  7. Untuk Puput: Gantinya bawa tas sendiri Put… Kan banyak reusable bags dijual dari bahan kanvas di Hypermarket “C….4” juga jual tuh… Pemerintah sih udah punya RUU pengelolaan sampah tapi masalah pelarangan tas plastik memang setelah membaca pasal demi pasal ngak ada tuh….Saya setuju dengan Sheila: Start with ourself first mungkin kampanyenya kalo belanja BYORB (Bring Your Own Reusable Bags) hehehe maksa ya…..

  8. Indonesia sih kesadarannya masih kurang. kalau kadang saya menolak diberikan tas plastik saat berbelanja di toko, penjaganya malah mendesak. dia bilang, biar gampang bawanya. mungkin pemberian tas plastik di Indonesia masih dianggap sebagai bagian dari upaya memuaskan konsumen, padahal pelan tapi pasti penggunaan tas plastik ini mengancam bumi kita.
    tapi, yang saya pikirkan, kalau tas plastik dilarang, terus gimana nasib produsennya? harus siap2 ganti produk tuh…

  9. tp plastik masih dipake utk kemasan barangnya.. soalnya kalo ga pake plastik, kalo hujan atau ketetesan air, barangnya bisa langsung rusak..
    kadang buah simalakama juga.. kalo ga dikasih plastik, customer suka marah2, kok ga dikasih plastik sih?
    tp.. klo bikin reusable bags, harganya kok mahal banget ya.. ga sebanding sama untungnya.. wekekeke…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s