Knowledge economy & blogging

Ceileh judulnya pake bahasa inggris hihi~

Dan apaan juga tiba-tiba pake judul knowledge economy dari yang biasanya isi blog ini cuman abal-abal. Saya penasaran aja buat coba ikutan kompetisi blog yang diadakan oleh british council.

Pengertian dan konsep Knowledge Economy
Kalo dari referensi yang saya dapatkan melalui dunia maya, knowledge economy diterjemahkan sebagai suatu manajemen pengetahuan / teknologi untuk mendapatkan suatu dampak ekonomi.

Manajemen pengetahuan (knowledge management) disini adalah suatu kegiatan yang digunakan oleh sebuah organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, menampilkan dan mendistribusikan pengetahuan itu sendiri.

Banyak organisasi yang menjadikan knowledge management ini sebagai bagian dari information technology atau human resource management.

Dalam knowledge economy, pengetahuan dianggap sebagai sebuah produk yang disaat yang sama memberikan dampak ekonomi bukan hanya sebagai alat untuk menciptakan dampak ekonomi.

Konsep didalam kegiatan ekonomi ini adalah pengetahuan dan pendidikan diperlakukan sebagai aset yang produktif dan produk bisnis, sebuah produk intelektual yang inovatif yang dapat memberikan dampak ekonomi yang tinggi.

Blogging
Menurut saya seorang blogger adalah knowledge worker yang menjalankan sebuah kegiatan knowledge economy, dimana seorang blogger menulis untuk menghasilkan ide, pengetahuan ataupun sebuah informasi yang dibagikan secara bebas untuk masyarakat luas.

Pada umumnya memang seorang blogger menerbitkan tulisannya karena memang mereka mau berbagi pengetahuan atau pengalamannya atau dengan kata lain bekerja secara sukarela untuk berbagi pengetahuannya.

Knowledge economy & blogging
Nah biasanya blogger pada tingkatan tertentu merasa ingin berbagi pengetahuannya secara lebih fokus, mengkhususkan postingannya pada topik tertentu seperti teknologi, berita lingkungan maupun berita olahraga.

Ketika sebuah blog mampu menciptakan sebuah niche atau kekhusus-an pada topik tertentu maka secara otomatis blog ini akan mendapatkan sebuah dampak dengan kunjungan ke blognya secara konstan dan loyal, karena biasanya sekali pembaca blog suka dengan informasi yang didapatkan, mereka akan terus berkunjung untuk mendapatkan berita terbaru yang di terbitkan atau dengan kata lain traffic kunjungan yang tinggi. Sebuah contoh, jika ada blog yang berisi review mengenai gadget dan dilihat oleh pembaca sebagai sebuah rujukan yang baik maka blog tersebut akan menciptakan pengunjung yang loyal karena pembaca akan terus mengunjungi blog tersebut untuk mendapatkan berita terbaru mengenai dunia gadget yang mereka sukai.

Dengan terus memperbaharui konten, mendapat pengunjung tetap dan angka kunjungan yang tinggi karena konten review yang baik, seorang blogger bisa memasuki kegiatan blogging yang dapat menghasilkan dampak ekonomi sesuai dengan yang penulis inginkan.

Biasanya blogger jenis ini dikenal sebagai paid blogger (selanjutnya kita sebut dengan profesional blogger). Seorang profesional blogger biasanya bisa mendapatkan sebuah pekerjaan menulis dari blog-blog yang menyediakan tawaran proyek menulis secara profesional seperti pada freelance job.

3g (Medium)

(salah satu contoh profesional blog)

Semakin fokus dan baik tulisan yang mereka hasilkan maka dampak  ekonomi (baca: honor) yang dihasilkan juga akan semakin baik dan tulisan yang dihasilkan juga akan memberikan pengetahuan yang mempunyai dampak yang signifikan bagi pembacanya.

Peran bahasa inggris
Bahasa inggris memegang peranan yang sangat penting bagi profesional blogging karena biasanya profesional blogger menggunakan bahasa inggris sebagai alat untuk mendapatkan pembaca yang lebih luas/internasional.

Dengan menggunakan bahasa inggris, seorang blogger juga mempunyai potensi untuk berbagi pengetahuannya secara lebih luas dibandingkan dengan menggunakan bahasa indonesia yang hanya dapat dimengerti oleh pembaca yang dapat membaca bahasa indonesia.

Disamping itu tawaran blogging secara profesional kebanyakan masih berasal dari negara-negara maju yang memang informasi dari internet sudah menjadi sebuah kebutuhan utama sehingga mereka memerlukan konten yang sangat luar biasa banyak.

Dari Indonesia sendiri juga sudah mulai dikenal blog yang menawarkan blogging secara profesional. Ini menandakan bahwa posisi informasi di internet sudah semakin penting di negara kita disamping pengguna internet yang semakin tinggi dan haus akan informasi sehingga posisi blog sebagai penyedia informasi juga semakin tinggi.

Penutup
Kegiatan blogging hanyalah sebuah contoh dari knowledge economy. Tentu saja masih banyak kegiatan-kegiatan kreativitas dan inovatif lainnya yang dapat dimasukkan dalam kategori knowledge economy.

Saya hanya memberikan sebuah contoh kecil dimana kegiatan blogging ternyata bisa menjadi tidak sesederhana yang kita bayangkan. Kegiatan blogging bisa memberikan dampak kepada masyarakat yang lebih luas, tidak hanya untuk orang-orang di sekitar kita.

Jadi berbanggalah kita sebagai seorang blogger dan have a nice blogging time!!😀

Rujukan:
Knowledge economy & knowledge menagement dari wikipedia

15 thoughts on “Knowledge economy & blogging

  1. Kalo blogging bikin orang gak produktif bekerja, masih bisa dikatakan menyumbang economy gak ya? Atau hanya menyumbang knowledge?
    Andaikan knowledge yang ditulis juga tidak membuat produktif maupun menghasilkan uang, masih bisa dikatakan sebagai penyumbang knowledge economy gak ya?

    Penasaran aja karena aku liat blogging kebanyakan masih sebagai hobi yang, dalam kasus seperti saya, memakan waktu yang seharusnya bisa lebih produktif..

    wah pertanyaan yg menarik….nantikan jawaban saya buat posting selanjutnya & thanks buat ide postingannya… BTW syerem juga dpt pertanyaan dr mhs MBA hehe~

  2. Hei dut..
    I cant stop thinking about your post..

    Aku pingin nambahin sesuatu dari comment-ku yg sebelumnya:
    Apapun yang kita lakukan akan berdampak pada ekonomi. Kita tidur, kita kerja, kita ngomong semua dapat mempengaruhi ekonomi. Berarti kita nge-blog pun, walaupun hanya sebagai hobi, juga berdampak pada ekonomi.
    Tapi dampaknya negatif atau positif ya? Kayaknya sih positif. Tapi sebetulnya beberapa besar ya dampaknya terhadap ekonomi Indonesia.
    Paling gampang untuk mengetahui sih dengan mencari tau berapa duit yang telah dihasilkan para blogger dari blognya. Tapi itu jelas kurang komplit karena manfaat blog tidak selalu secara langsung. Bisa aja seorang pengusaha ekspor mendapatkan ide bisnis dari sebuah tulisan blog.. atau seorang koruptor jadi insyaf setelah membaca tulisan blog.

    Tulisanmu ini menarik banget.. membuatku berpikir..

  3. pengen banget dut nulis blog pake bahasa inggris, tapi daripada daku dikira adiknya nadine candrawinata yang dibuang lebih baik daku tetep pake indonesia dulu, hihi… btw tulisannya menarik! like it!🙂

  4. Nah ini nih masalahnya. Kebanyakan orang itu biasa2x aja. Ga banyak yg punya keunikan. Atau palng ga tidak banyak yg mempersiapkan diri utk punya keunikan. Jadinya minat ga berkembang ke arah yg unik2x. Kalo mulai skrg minat ke yg unik2x uda males. Jadinya blognya ya standar2x aja🙂

  5. hai, bli. menurut saya profesional blogger itu ya kaya kamu dan saya, yang memang ngeblog untuk hobi. saya pikir dalam hal ini, cara pikir profesional harus dibalik. kalo macam webblog bisnis/dagang, ya institusi bisnis bukan blogger.

  6. Dalam konteks Knowledge-based dsb tsb, saya ajak anda (baik secara aktif maupun pasif) untuk ber”social networking” dan berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : ” Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)”.

    Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

    Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten & konteks kami secara holistik, mohon anda “copy-paste-click” discussion link :
    http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( judul topik : OUR KNOWLEDGE MAP ) atau lewat beranda depan http://mobeeknowledge.ning.com

    Tambahan catatan : Kelemahan Blog hanya terbatas dari Tacit ke Tacit. Forum diskusi kami dari Explicit ke Tacit atau bisa ke Explicit Knowledge usernya kalau memang langsung bisa dioper atau benchmark

    Terima kasih

  7. Each day well-known consultants in the Australia receive
    more than $7 billion for their services. Much of this money pays
    for impractical data and badly prepared resource fo review services, regional rules & procedure re-evaluation.

    Our business is focused in taking care of and improves practice.
    We and our partners undertake a range of zones of activity, including RTF – our own unique model of review.
    We, have greatly experienced and talented people offer a wide variety of
    special consultation services to meet managers many needs.

    We together with you provides you with the research and statistics tools to grow your share of the local market.

    We offer ingrained support that can help you achieve your business goals through consulting on strategic
    things, product development, marketing programs and
    channels for distribution.

    A common goal for a statistical research project is to discover causality,
    and in particular to draw a conclusion on the effect of
    changes in the values of predictors or independent variables on dependent variables or actions.
    There are two major types of causal statistical studies:
    experimental studies and observational studies. In 2
    types of studies, the effect of differences of an independent variable
    (or variables) on the behavior of the dependent
    variable are observed.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s