Steamboat

Tadi sepulang kopdar di Java Mall dengan Zeta, Budi, Fany, Yogie, Niea dan Mizan sempet belanja buat bikin steambot di rumah karena permintaan dari adik.

Tapi gara-gara daku kekenyangan jadi bikin steamboatnya besok siang aja. Adikku jadinya masak sup ala dia sendiri pake pakcoy dan ayam fillet.

Gak tau kenapa kok steamboat lebih terkenal dari pada nabe, mungkin karena lebih mudah dibuat.

BTW sebenarnya bikin steamboat sendiri mudah loh, ini resepnya:

Bahan:
200 g daging sapi untuk sukiyaki/amiyaki
1 sdt bawang putih parut
1 sdt cabai merah bubuk
1 sdm kecap Jepang
300 g tahu sutera, potong tipis memanjang
300 g wortel, kupas, iris kecil panjang
3 batang daun bawang, potong kecil panjang
300 g sawi putih, potong 4 cm
Kuah, rebus jadi satu:
750 ml kaldu sapi
1 sdt minyak wijen
2 sdt bawang putih
2 sdt cabai merah bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdt garam

Cara membuat:
# Aduk daging dengan bawang putih, cabai bubuk dan kecap hingga rata.
# Susun dalam panci steamboat atau panci yang agak dalam. Tambahkan bahan-bahan lainnya.
# Tuangi kaldu, didihkan.
# Penyajian: Tiap orang bisa mematangkan bahan dan mengambil sesuai selera.
# Sajikan dengan nasi putih.Untuk 5 orang.

Biasanya soal resep aku posting di tukang makan tapi kok moodnya posting disini aja.

Resep aku ambil dari blog cuek dan gambar dari blog kecap bango.

8 thoughts on “Steamboat

  1. Waa..jadi pengen bikin tuh, ngebayanginnya ajah udah bikin laper. Thanks bgt resepnya, sayang dikosan ga da dapur, ga bisa masak nie..😦

  2. waah..jadi “scleghuq”……..niam..niamnyam….
    mas..punya resep kuah ramen gak….hihihihihi..bagi2 dong….request nih……

    saya penasaran ama mie kuah ala jepang…rasana kayak apa ya….. ( jawabannya ada di jappanese restorante )
    katanya ada mie unagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s