Mau menjadi sukarelawan guru?

Kalau kamu tinggal di Jakarta dan bersedia meluangkan waktunya untuk menjadi sukarelawan guru mungkin kamu bisa melamar pada lowongan pekerjaan relawan di bawah ini yang saya dapatkan dari blognya ndoro, monggo:

Sampean berminat menjadi tenaga sukarela sebagai pengajar? Bila ya, sampean mungkin layak menyediakan diri, mencoba peluang sebagai blogger yang peduli masalah sosial dengan menjadi guru.

Apa syarat dan ketentuannya?

Seseorang mengirimkan email ke saya. Isinya tentang lowongan menjadi relawan untuk mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS (sejarah, geografi dan ekonomi), Biologi, Fisika, Gambar, dan Olahraga.

Adapun syarat-syaratnya adalah …

1. Bukan perokok/peminum.
2. Bersedia mengajar tanpa bayaran (tidak ada honor/uang transport).
3. Bersedia mengajar 2 x 40 menit, seminggu sekali di hari kerja (Senin -Jumat) antara jam 07.00 s/d 12.00 WIB.
4. Khusus untuk guru olahraga, mengajar di hari Senin mulai pukul 10.00 s/d 14.00

Segala kebutuhan untuk mengajar seperti alat tulis, buku tulis, dan buku teks untuk panduan guru disediakan oleh sekolah.

Sekolah itu adalah SMP Gratis Ibu Pertiwi yang berdiri sejak tahun lalu. Sekolah itu menginduk ke SMPN 67 di Manggarai, Jakarta Selatan.

Sekolah tersebut tidak didanai oleh pemerintah, partai atau LSM mana pun. Selama ini biaya operasional didapatkan dari para donatur, orang-orang yang peduli — seperti sampean.

Peserta didik mereka adalah lulusan SD yang tidak diterima di SMP negeri dan tidak mampu masuk ke SMP swasta yang termurah sekalipun.

Kegiatan belajar-mengajar dilakukan di teras depan rumah. Pada tahun ajaran lalu, karena mereka baru punya satu kelas, yaitu kelas 7, kegiatan belajar berlangsung hanya di siang hari, dari pukul 13.00 – 17.00 WIB.

Untuk tahun ajaran baru ini (2008 – 2009), mereka mempunyai dua kelas, yaitu kelas 7 dan kelas 8. Dan berhubung tidak mempunyai tempat lain selain teras rumah, kegiatan belajar kelas 7 berlangsung dari pukul 07.00 – 12.00 dan kelas 8 dari pukul 13.00 – 17.30 WIB di tempat yang sama.

Pengelola sekolah itu berharap ada di antara sampean yang tertarik bergabung demi pendidikan dasar anak-anak Indonesia yang terabaikan.

Bantuan juga bisa sampean berikan dengan cara mencarikan tenaga relawan untuk sekolah itu — misalnya lewat posting di blog seperti ini. Dengan membuat posting, setidaknya sampean sudah menunjukkan kepedulian seorang blogger kepada masyarakat. Aha, blogging for society.

Kegiatan belajar-mengajar akan dimulai awal Agustus 2008. Saat ini siswa-siswa baru sedang melakukan masa perkenalan dengan lingkungan sekolah, kakak-kakak kelas dan beberapa guru.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Ade Pujiati, pengelola SMP Gratis Ibu Pertiwi, Jalan Pancoran Timur VIII no. 4B, Komplek Perdatam, Jakarta Selatan. Telepon +62-21-7990412.

54 thoughts on “Mau menjadi sukarelawan guru?

  1. Sy sgt tertarik dan berminat dng kegiatan ini. Saya guru IPA SD d tangerang. Mkn jrk jauh klo k pancoran. Tp apabila da yg mbutuhkn saya d luar jam mengajar sy d tangerang sy bersedia

  2. saya dalam masa akhir semester juruasn komunikasi tamatam SMA jurusan IPA.sangat berminat sekali untuk ikut bergabung membantu ibu.apakah ada persyaratan khusus yang harus saya penuhi.terima kasih

  3. Saya bersedia. Saat ini saya sedang bekerja di sebuah perusahaan swasta dari Senin s/d Jumat pukul 09.00 s/d 18.00. Jadi saya bisa mengajar 2x seminggu selama 40 menit dari pukul 07.00 s/d 08.00.

    Latar belakang saya, saya pernah menjadi dosen. dan pernah ikut mengajar anak2 di sebuah LSM di Bandung

  4. hai,
    saya adalah mahasiswa Curtin University of Technology. Saya berminat dalam berpartisipasi sebagai guru sukarelawan, tanpa digaji. Kemampuan saya dalam bidang bahasa Inggris sudah tidak dapat diragukan, karena saya besar di dalam lingkungan berbasis bahas Inggris, tapi jika dibutuhkan lowongan dalam program lain, saya dapat cukup membantu di bidang seperti bahasa Indonesia, Matematika dan Ekonomi.
    Pengalaman mengajar saya pernah menjadi asisten mengajar di institusi bahasa inggris.
    waktu saya kosong dari waktu Rabu dan Kamis.
    Terima kasih atas perhatiannya dan mohon kabar dari anda.

  5. alhamdulillah saya adalah komisaris beberapa perusahaan..jadi waktu saya banyak yang luang…bolehkah saya ikut mengajar..
    saya sangat tertarik..mohon hubungi saya di081932266262…apakah masih ada lowongan..terimakasih…

  6. Saya tertarik untuk ikut serta menjadi sukarelawan, saya dulunya karyawan tetap di salah satu perusahaan konsultan di bidang pendidikan sebagai koordinator pelatihan (sekarang saya hanya bekerja waktu yang waktunya bisa saya tentukan sendiri . Saya bisa mengajar Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tidak tertutup kemungkinan saya juga bisa membantu di bidang administrasi.
    Terima kasih, dan saya mengharapkan kabar dari anda.

  7. Saya tertarik untuk menjadi salah satu pengajar di sekolah ini. Saya lulusan S1 Fak. Hukum dan sekarang sedang mengambil S2 Hukum di daerah Jakarta Pusat. Apa ada kriteria khusus yang diperlukan sebagai pengajar.Mohon di saya diberitahu.

  8. saya sgt tertarik,tp saya tdk tinggal di JKt mgkn kalo ada keg.serupa di sekitar kota cirebon saya,kalau ada mohon infonya

  9. saya tertarik, latar belakang pendidikan s1 ekonomi. kalau ada yang daerah bandung kabari ya, saya ada waktu sabtu & minggu

  10. saya tertarik untuk menjadi sukarelawan, latar belakang pendidikan terakhir s2 manajemen keuangan, lokasi tempat tinggal saya di daerah jakarta pusat tidak jauh dari tempat kegiatan belajar mengajar smp ibu pertiwi. waktu luang saya setiap selasa dan kamis. Apabila masih membutuhkan tenaga bantuan bisa hubungi saya di alamat email saya. Terima kasih.

  11. saya berminat jd guru biologi . tetapi saya berdomisili dibandung . barangkali punya cabang dibandung, tolong kabari ya . saya baru mau lulus dr sma . ingin sekali mengisi waktu luang dgn kegiatan sosial . terimakasih🙂

  12. Saya tertarik dan ingin membantu sekolah resebut, saya mengajar Bahasa Indonesia dan IPS di SD, tetapi saya juga mengajar di suatu sekolah yang jam kerjanya senin – jumat pk.07.00 – 15.00
    Jika ada ada kegiatan hari sabtu saya siap membantu. Terima kasih

  13. saya ada waktu hari sabtu aja, sedangkan senin – jum’at hari kerja. pengalaman jadi guru komputer selama 6 bulan. rumah saya di kalibata.

  14. Sy sgt tertarik ikut terlibat menjadi sukarelawan guru. Domisili sy di bdg. Pend sy .atematika D3, manajemen pemasaran S1 dan MSDM S2. Sy lebih tertarik mengajar matematika kls 5 – 6SD dan membimbing yg akan UN. Mengajar. Anak2 SMP kelas 7 – 9 n membimbing persiapan UN. Waktu luang sy kecuali hari Rabu dan Jmuat sy.. Untuk pelajaran yg lain apabila diperlukan Insya *llah akan sy bantu.5

  15. Saya seorang mahasiswa jurusan sastra inggris saya sangat berminat sekali menjadi guru sukarelawan tp saya hanya mempunyai waktu d hari sabtu Dan minggu karena saya jg bekerja. Apabila pengajaran di adakan pada saat waktu luang saya, saya bersedia membantu

  16. saya sangat tertarik untuk menjadi guru sukarelawan,
    tp waktu luang saya hanya sabtu dan minggu,
    saya seorang sekretaris di salah satu bank di jakarta..
    jd kl utk hari kerja sy tidak bisa..
    kl memang ada yg membutuhkan jasa saya, insyaallah saya siap membantu

  17. saya karyawan swasta,tertarik menjadi guru sukarelawan,
    Namun waktu luang saya hanya hari sabtu dan minggu karena hari lain kerja,
    Ada alternatif lain?

  18. salam sejahtera.
    saya muhan lokasi di semarang, mempunyai basic keilmuan kedokteran hewan. saya tidak mempunyai pengalaman dalam hal mengajar, namun keinginan saya untuk bisa mendonorkan tenaga saya agar bisa bermanfaat bagi banyak orang. jika ada lembaga di kota semarang yang membutuhkan tenaga saya bisa kontak saya di muhan_manshurin@yahoo.co.id
    Tq

  19. assalamualaikum, saya diana, seorang PNS di sekitar Kalibata, latar belakang saya S1 Pertanian dan S2 Kebijakan Publik, saya biasa menjadi Nara Sumber di berbagai daerah di Nusantara, saya bersedia menjadi pengajar. kalau untuk hari biasa bisa kurang lebih 3 jam dapat menyisihkan waktu 1 kali dalam seminggu, kalau hari sabtu saya bisa full. email saya anggraeni70@yahoo.com

  20. Selamat siang,
    Saya Faizah, background pendidikan Sastra Inggris. Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan entertainment sebagai Creative. Saya tertarik untuk menjadi sukarelawan sebagaimana yang di informasikan dalam blog diatas. Saya tinggal di kawasan Setiabudi Sudirman, tidak begitu jauh dari Pancoran. Please email saya di sifaiz86@gmail.com. Terima kasih🙂

  21. well.. baru baca artikel ini, saya sangat tertarik. saya belum lulus sma, karena masih nunggu kelulusan dan sekarang ngangur dan les aja.. saya bisa di bidang b.ing dan biologi. salah satu cita-cita saya adalah guru biologi. jadi kalau saya dibutuhkan 083874614309. makasih🙂

  22. Saya sangan tertarik nih mas🙂 Walaupun cuma lulusan SMK Grafika dan sekarang sedang melanjutkan kuliah di Trisakti dengan jurusan Desain Komunikasi Visual, saya bisa mengajar Bahasa Inggris, Dasar Gambar, Komputer, dllnya yang saya bisa.
    Berhubung saya juga sambil kerja dari senin-jumat, saya hanya ada waktu sabtu&minggu. Saya domisili di Jakarta Timur, sekiranya masih membutuhkan tenaga pengajar bisa hubungi saya di dmangakaz@gmail.com .

    Terima Kasih, Maju terus pendidikan Indonesia🙂

  23. Saya karyawan suwasta waktu saya hanya di hari minggu,sy bisa membantu untuk mengajar matematika tingkat SD or SMP,jika bersedia bisa hub sy di 081511556344.terimakasih

  24. Saya tertarik untuk gabung jadi pengajar, saya karyawan perusahaan swasta saja bisa untuk hari kerja mulai jam 7 sampai jam 8 dan hari sabtu. Saya tertarik untuk mengajar bahasa indonesia, IPS, Sejarah and Bahasa inggris. Silahkan hubungi 081392231821 atau email annisaayupermata@gmail.com. Terima kasih atas kesempatannya .

  25. saya sangat ingin menjadi sukarelawan mengajarkan pada anak2 terutama bidang matematika, bahasa indonesia, IPA, untuk setingkat SD. saya domisili di Jakarta Selatan dan hanya bisa saat weekend (sabtu atau minggu), sekiranya bisa menghubungi saya via email anaandriyati@yahoo.com

  26. Saya tinggal di daerah depok sleman yogyakarta, kegiatan skg saya hanya menjalankan bisnis online jd punya wkt yg sgt fleksibel, saya lulusan s1 psikologi unpad, saya tertarik utk mengajar matematika, or ipa buat anak sd or smp. Yg punya info buat dijogja hub saya via email ycsy_144asaviolet@yahoo.com

  27. Hi. Saya tinggal di Jakarta. Saya arsitek dan saya sangat berminat menjadi pengajar sukarelawan. Saya belum ada pengalaman mengajar, tapi saya sangat ingin membagi ilmu menggambar kepada anak-anak bangsa. Waktu mengajar bisa fleksibel, lebih utama di pk.08.00-10.00.
    Persyaratan apa yang harus saya penuhi? Mohon infonya. Terima kasih.
    Alamat email saya : wimala.pratidina@gmail.com
    Terima kasih.

  28. saya wahyu, bekerja di daerah senen, jakarta pusat, saya tertarik menjadi sukarelawan mengajar, background pendidikan saya S1 Teknik Informatika. di hari kerja saya dapat meluangkan waktu sd 2 jam, atau setelah jam kerja sd jam 21.00
    saya dapat dikontak lewat email: w4hyu.jr@gmail.com
    terimakasih

  29. Hallo mas Bro/mbak Sis. Sangat-sangat berminat nih untuk bergabung menjadi relawan. Saya tinggal di Jakarta. S2, saya mempunyai pengalaman mengajar dan melatih. Saya siap berbagi ilmu dan waktu utk mata pelajaran Ekonomi dan Sejarah. Email saya: bdjoprazt@gmail.com. Terima kasih.

  30. saya liatt dari comment, banyakk masyarakat Bandung yang berminat menjadi suka relawan, bagaimana kalo kita membentuk yayasan yang baru di Bandung, yang setuju tolong kirim email ke saya

  31. Saya berminat menjadi sukarelawan di kegiatan ini, saya berdomisili di antasari jakarta selatan, saya bersedia mengajar di waktu yg di tentukan, trima kasih

  32. Minat menjadi sukarelawan nie..tapi saya orang malaysia…bisa mengajar bahasa indonesia aje…sekarang free aje…dimana2 aje bisa mengajar…bisa ngak…

Leave a Reply

