Kota Dengan Gedung Ter-Hijau?

greenbuilding1Hari ini saya membaca daily green kalau di Amerika sudah ada sepuluh besar kota dengan gedung terhijau. Maksudnya gedung yang ramah lingkungan adalah gedung yang menggunakan energi lebih rendah dibandingkan dengan konsumsi rata-rata gedung di Amerika.

Memang di Amerika sudah mempunyai badan khusus yang menangani gedung-gedung ramah lingkungan yang diberi nama Green Building Council. Jadi keramahan suatu gedung terhadap lingkungan bisa dinilai oleh badan khusus tersebut dan diberikan suatu sertifikasi.

Gedung komersial dan industri mengkonsumsi 50% energi di Amerika dan berkontribusi terhadap 45% gas rumah kaca, jadi gedung yang ramah lingkungan memang benar-benar dibutuhkan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Sewaktu saya searching di internet kelihatannya gedung yang ramah lingkungan baru menjadi suatu wacana. Tetapi saya lihat sudah ada beberapa gedung yang dengan design tertentu menyerap cahaya lebih banyak dari luar sehingga bisa menghemat konsumsi energi untuk pencahayaan dari dalam.

Sebenarnya lebih baik lagi kalau pemerintah pusat/lokal memberikan penghargaan khusus kepada gedung-gedung yang ramah lingkungan dan memberikan penghargaan berupa insentif-insentif lebih. Jadi pemilik gedung juga akan berusaha untuk lebih menghijaukan gedungnya.

Kalau ada yang tau infonya penerapannya di Indonesia disharing yah๐Ÿ˜€

Gambar diambil dari blog Anita Sipil

16 thoughts on “Kota Dengan Gedung Ter-Hijau?

  1. Di Surabaya ada satu gedung namanya Gedung Wonokoyo. Arsiteknya adalah satu-satunya di Asia Tenggara yang bisa membuat gedung hemat energi dan menyatu dengan alam. Kalau liat bentuknya emang kurang green tapi kalau tau posisinya dan arah matahari dan bahan-bahan yang dipakai, tuh gedung green. Hehehehhe… arsiteknya orang Surabaya lagi dan dosen arsitek di kampusku. Bangga donggg๐Ÿ˜€

  2. yg ada skarang dikampung saya
    hobi menghancurkan gedung yg udah bagus untuk bikin yang baru dengan kualitas parah,
    boro-boro hijau, mas๐Ÿ˜ฆ

  3. wooow… kalo setembok temboknya dari pohon, jadi ngebayangin rumah pohon yang ada di cerita-cerita anak kecil itu.. *dan aku selalu mimpi untuk punya*

  4. wah gedung hijau di jakarta? mgkn akan lbh banyak biaya maintenance nya ya, soalnya daerah kering kerontang begini ga gampang utk dihijaukan.

  5. gearkan hijau ini gak bisa cuman dikerjakan sorangan, boss.. mesti ada dukungan semua pihak, ya dari pemerintah, masyarakat, termasuk blogger… gak cuman jadi slogan partai yang ikut pemilu aja, boss๐Ÿ˜€

    keep thinking of green…๐Ÿ˜€

  6. setuju Indonesia hanya bisa ngomong aja…tentang ramah lingkungan…wong orang kementrian ‘yang bersangkutan” aja nggak bener kerja, duit hanya dipakai separo program separo kantong.

  7. wah.. sekarangkan pemerintah sudah makin galak tuh mlkkn pnghjauan htan2 gundull…
    itu sdh mnnjkkan knerja n semangat pemerintah u/ mngrngi emsi krbon kn..
    yah cm u/ gdung2 yg green emng hrs mkin dglkkan jg d Indonesia///.. mari kita semua dkung program pnghijauan..!! semangat/…!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s