Pengalaman World Silent Day & Earth Hour

Bisakah memberikan bumi sedikit istirahat beberapa jam sesudah kita gunakan selama bertahun-tahun? Itulah pesan yang ingin disampaikan dalam kegiatan kampanye  World Silent Day dan Earth Hour. Saya berbagi pengalaman sedikit bagaimana rasanya berpartisipasi dalam kedua event tersebut.

World Silent Day

Kegiatan ini masih kurang dikenal jika dibandingkan dengan Earth Hour. Padahal inisiatornya teman-teman dari Bali. Jadi ceritanya pada hari Minggu, 21 Maret 2010 saya mematikan seluruh alat yang menggunakan listrik di rumah. Dari komputer, televisi sampai kulkas dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Teman saya Hars yang kebetulan tinggal di rumah akhirnya menjadi korban dari kegiatan ini. Saya memintanya sampai mematikan HP.

Karena saya dan hars banyak menggunakan internet setiap harinya ternyata tidak mudah untuk hidup tanpa listrik. Terasa sekali kegamangan untuk tidak menggunakan peralatan elektronik. Saya menghabiskan waktu dengan beres-beres rumah dan menghabiskan beberapa buku yang sebelumnya tidak sempat saya baca habis.

Earth Hour

Untuk Earth Hour karena gaungnya terasa sekali, saya sempat diundang Prambors Semarang untuk sharing mengenai kegiatan Earth Hour ini. Waktu itu siaran dengan Evan. Seperti yang saya bagi dengan teman-teman di semarang melalui prambors, sebenarnya kegiatan earth hour ini jangan hanya sampai berhenti pada 1 jam selama kegiatan itu berlangsung. Tetapi juga diambil semangatnya, semangat untuk bergaya hidup lebih ramah terhadap lingkungan. Bisa mulai dari menolak plastik sampai menggunakan listrik sesuai keperluan.

Lalu pada hari H perayaan earth hour, saya bersama-sama warga SamTUG (Semarang Twitter User Group) mematikan lampu diruangan yang kami gunakan sebagai tempat kopi darat. Selama lampu dimatikan selama 1 jam saya ajak teman-teman untuk berdiskusi mengenai kegiatan earth hour ini. Apa yang bisa kita lakukan untuk memperingan kerja bumi yang sumber energinya kita pakai terus menerus. Dan tanggapan teman-teman twitter semarang cukup baik.

Jadi sering-sering saja memberikan bumi kita istirahat yah?

9 thoughts on “Pengalaman World Silent Day & Earth Hour

  1. setuju. tapi kalo bisa frekuensinya ditingkatkan, gak setaun sekali. bisa sebulan sekali, atau seminggu sekali…plus mati lampu dari PLN. Kan udah cukup banyak tuh bikin bumi beristirahat.

  2. Saya ditanya ama sodara, semalam loe ikut kegiatan earth hour gak? Hah? Earth hour? Ada ya? Kapan?
    Semalam saya udah tidur, karna gak aware ada kejadian ini, dan tak melakukan apapun yang mendukung earth hour… Kulkas, lampu, handphone dll jalan terus. Wakakakaka
    Next year be better…

  3. walah walah… blognya luar biasa nie bro…

    oh ya, mau dunks dimasukin dalam link nya bro, trus aku udah tambahin blognya bro ke link ku nie..

    tks yah, GBU
    dj martha

  4. iyah, earth hour jelas lebih mentereng karena didukung dana besar dan jaringan global WWF. Sementara world silent day adalah gerakan NGO lokal di Bali dengan mengambil konsep nyepi yang sudah ada. Sayangnya pas Nyepi, walau ga boleh keluar rumah, orang2 pada ng-emisi gila2an dgn pesta makanan dan minuman.

    Kamu harus lihat, 1-2 hari sebelum nyepi, semua supermarket di Bali udah kaya ada penjarahan massal. hehehe…

    mimpi adalah kunci, so i ll keep dreaming…hehehe

  5. aku kasih bumi istirahat tiap malem. kl aku tidur listrik juga tidur soale. hehehehehe. lumayan sih kata ibu kos, di tambahin aku tagihan listriknya g naik. soale lampu kamarku whatnya lumayan gede. plus biasain baju itu di setrika sekalian banyak. biar hemat listrik juga. jangan tiap hari setrika 1 baju.
    (sekedar tips dari mantan anak asrama yg sekarang jd anak kos)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s