Knowledge economy (part III)

Ini merupakan tulisan penutup dari 2 tulisan yang sudah saya buat sebelumnya.

Mungkin 2 tulisan sebelumnya saya terlalu fokus untuk mengangkat aktivitas blogging sebagai sebuah kegiatan yang berbasiskan pada konsep knowledge economy, karena pendapat saya demikian adanya.

British Council (BC) mencoba mengangkat knowledge economy sebagai salah satu topik untuk kompetisi blog ini karena BC melihat bahwa industri yang berbasiskan pada knowledge economy mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dari pertumbuhan ekonomi nasional.

Industri yang menganut konsep knowledge economy adalah industry kreatif seperti Desain, Musik, Fesyen dan Komunikasi.

Saya sebenarnya ingin mengangkat isu blog sebagai salah satu kegiatan kreatif yang dapat dijadikan sebuah industri. Hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya blog-blog yang tidak hanya berisi tulisan tetapi sudah menyentuh dunia industri kecil seperti toko online, konsultasi online ataupun menawarkan jasa design blog/situs ataupun kesehatan.

BC mencoba untuk berbagi pengalamannya pada industri kreatif yang telah berkembang di Inggris dengan pada pekerja kreatif muda di Indonesia dengan beberapa programnya. Salah satu program yang menarik menurut saya adalah IYCEY Awards Competition. Kompetisi ini menantang pekerja-pekerja kreatif muda dari indonesia untuk menampilkan produk kreatif mereka. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop dan berkompetisi lagi dengan pemenang-pemenang dari negara yang lain.

Pemenang IYCEY tahun lalu Wahyu Aditya yang berasal dari Indonesia memenangkan grand prize di Inggris juga mempunyai sebuah blog di kementrian desain indonesia. Blog ini memberikan konsultasi design secara cuma-cuma. Jadi memang blog mempunyai peran dalam proses kreatif seorang Wahyu Aditya.

Jadi akhir kata saya hanya mau bilang be creative and be blogger!

8 thoughts on “Knowledge economy (part III)

  1. kegitatan blogging bagi saya pribadi masih sebatas kegiatan mengasah kemampuan berpikir sistematis melalui tulisan2 yang saya buat. dampak ekonomi yang timbul ? belum terlalu kelihatan. Toh saya nge-blognya ga di jam2 produktif saya.
    Yang penting setiap selesai posting ada kepuasan tersendiri yang dirasakan๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

