IMG_0042 (Large)

Hari Bebas Mobil di Solo

Ketika menghadiri kegiatan SOLO dari teman-teman Bengawan sekitar 2 minggu yang lalu, saya dan teman-teman dari Loenpia mendapatkan penginapan di Jl. Slamet Riyadi. Jalan Slamet Riyadi merupakan salah satu jalur utama yang membelah Kota Solo.


Nah di pagi harinya ketika kita bersiap untuk tur ke kampung batik Laweyan, saya agak kaget mendapati jalan raya didepan hotel ramai oleh pe-sepeda dan pejalan kaki. Ternyata di Solo diterapkan Hari Bebas Mobil (Car Free Day) oleh pemerintah kota Solo.

Dan peraturan ini mulai diterapkan tepat seminggu sebelum kita datang yaitu pada tanggal 30 Mei 2010. Peraturan bebas mobil ini dilangsungkan setiap hari minggu pagi dimulai dari jam 5 hingga jam 9 pagi.

Jalan yang dipilih untuk car free day sepanjang Jl. Slamet Riyadi (Bundaran Purwosari – Bundaran Gladag) serta Jl. Diponegoro (Simpang Empat Pasar Pon -Simpang Tiga Mangkunegaran).

Penerapan car free day merupakan upaya dari pemerintah Kota Solo untuk menekan tingkat polusi udara yang ditimbulkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor. Hal ini dilatarbelakangi kewajiban untuk menurunkan emisi 6 persen sampai dengan 2014 mendatang.


Sewaktu menunggu becak menjemput di pinggir jalan sudah sangat terasa semangat warga Kota Solo untuk memanfaatkan fasilitas car free day ini. Warga sangat banyak yang menggunakan sepeda ataupun sekedar berjalan atau lari-lari kecil di sepanjang Jl. Slamet Riyadi.

Lagipula di jalan utama ini ternyata masih banyak menyimpan pohon-pohon besar nan sejuk. Wah saya jadi iri dengan warga Kota Solo. Kapan yah kebijakan pemerintah kota saya sedikit saja memberikan ruang terbuka untuk rekreasi untuk warganya sekaligus mendukung kebijakan yang ramah lingkungan.

12 thoughts on “Hari Bebas Mobil di Solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s